Tips & Trick Foto Macro menggunakan Kamera Handphone.

Leave a Comment
   Setelah di post senelumnya gua membagikan foto-foto macro dari handphone pribadi gua, sekarang gua akan nulis tentang tips dan triknya. Inget loh, ini buat amatir yang mungkin pengen punya hobby sampingan dengan pegangannya (handphone).

   Macro Photography bukan cuman tentang foto barang-barang atau binatang serangga sekitar saja. Tapi juga ada dasarnya. Dalam photography itu ada yang namanya iso, shutter speed, white balance, diafragma, focus dan lain-lain. Istilah-istilah diatas itu punya pengaruh yang lumayan untuk hasil foto.

     Tapi sebelumnya, udah pada tau belom macro itu apa? Macro menurut penafsiran gua adalah foto benda-benda kecil yang sulit untuk ditangkap lensa kamera bawaan sehingga memerlukan mode khusus atau lensa khusus. Nah berikut adalah tips dan trik yang gua dapat dari pengalaman sehari-hari.



Tips :

1. Objek

    Lah iyalah objek, lah kalo gaada objek mau foto apaan? Tipsnya, Carilah objek yang menurut lu punya nilai estetika yang tinggi. Penilaian ini sih sebenarnya subjektif. Tergantung mata orang yang melihat. Ada yang melihat rumput di halaman rumah atau bahkan lumut dijadiin objek, yang mungkin bagi sebagian orang itu adalah gapenting. Sekali lagi ini subjektif.


2. Iso
    Iso itu apa ya? Susah bagi seorang amatir kaya gua untuk menjelaskan, pokoknya gini deh secara garis besar, iso itu adalah jumlah cahaya yang masuk pada kamera. Semakin besar iso semakin terang gambar. Tapi, di kamera handphone (mungkin semua kamera juga begitu) semakin tinggi iso, semakin banyak pula noisenya dan ketajaman semakin berkurang. Seperti contoh gambar dibawah

Jadi tipsnya, liat situasi dan kondisi ruangan saat foto. Kalau terang ya jangan banyak-banyak isonya, tapi kalau kepepet tinggal dinaikin isonya.


3. Focus

    Focus menentukan presepsi atau apalah itu dari seseorang yang melihat gambar tersebut. Focus sangat berhubungan dengan objek. Dengan focus kita tau dimana Point Of Interest (POI) dari suatu hasil foto. Dan dengan focus kita tau apa inti dan makna yang disampaikan oleh photographer nya. Tipsnya, tentukan fokusnya ke objek yang kita tujukan. Untuk kasus ini kalau hape lu ada auto focusnya ya tinggal jepret aja, tapi akan lebih mudah kalo hape lu ada manual focus, dan biasanya untuk hape touchscreen ada touch to focus. Jadi tingkal sentuh objek, dan jepret.


4. Lensa Tambahan
   Ini sih opsional ya, tergantung apa yang menjadi objeknya. Kalo kebanyakan bunga-bunga yang gak kecil-kecil amat sih ya gausah ya mendingan. Tapi kalo yang menjadi hobby lu adalah foto objek-objek yang kecil banget, lumayan maksudnya, ya seperti semut, laba-laba, yaaa mungkin lensa tambahan ini bisa menjadi opsi alternatif buat lu yang pengen lebih. ehem. Tipsnya, sesuai kebutuhan. sekedar racun aja ya, ini contoh hasil foto pake lensa tambahan

bahkan semut sekecil itu bisa jelas terlihat kan. Nah, masih mau pake lensa bawaan aja? *ketawa jahad*

5. Hindari filter, effect ataupun frame.

Eh bro, mau foto macro apa mau selfie? HAHAHAHA. Dalam foto macro gak perlu kita pake filter, ataupun effect, apalagi frame. Foto macro itu lebih baik natural, gausah neko-neko. Kalau mau lebih bagus, ya edit secara jantan, jangan pake filter. LOMO, dkk. Gaperlu, kalau mau ketajaman yang lebih, bisa maenin clarity nya (Nokia Creative Studio, untuk Lumia device). Kalo mau lebih terang maenin brightnessnya. Kalo mau warnanya keluar, maenin Vibrancenya.

Tricks!
1. Tahan Napas
    Untuk memotret pake handphone, kebanyakan tangan pasti gemetar, dan kalo serangga yang kita foto kena desah nafas kita juga pasti serangga itu kabur. Untuk menghindarinya salah satunya adalah tahan napas. Jangan lama-lama. Gua gatanggung jawab ya.

2. Bergerak dengan Perlahan
    Ya, ini berguna kalo lu punya objek yang bergerak. Misal, laba-laba, lalat, dan lainnya.

3. Posisikan tangan menyandar
   Kadang kita harus all out buat ngambil gambar, misalnya, kita harus tiduran tengkurep buat ngambil gambar biar tangan kita punya landasan, maksud gua biar tangan kita nggak bergerak. Kan kalau kita foto gambar yang ada diatas, tangan kita nggak punya landasan untuk bersandar *ciaelah. Dan akibatnya tangan jadi gemetar, dan objek menjadi blur, bahkan kalau objeknya bisa bergerak, mungkin objek yang kita incer itu udah kabur. Jangan lama-lama digantung ya. HHAHAHAHAHAAHAHA

Sekian tips dan tricks yang sederhana ini dari gua, semoga bermanfaat. Ada pertanyaan? twitter & instagram : @ilhamsyahzp !! thx guys! leave a comment!! :)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar