Pengalaman Buat Passport

Leave a Comment
Yak kali ini gw akan membahas sedikit pengalaman gw ketika membuat PASSPORT... hahaha :D

Passport bisa dibilang identitas international lu, kalo untuk negara ASEAN hanya membutuhkan passport untuk masuk kedalam negara yang bersangkutan. 
Adalagi hal lain yang lu butuhkan untuk masuk ke negara lain yaitu VISA, tapi visa ini hanya negara tertentu yang memberlakukannya dan dibuatnya di Kedutaan masing masing.

Pendaftaran PASSPORT bisa lu lakuin melalui IMIGRASI, kemaren sih gw buatnya lewat e-registration. Jadi gw akan menceritakan bagaimana pengalaman gw membuat PASSPORT melalui e-Registration.

Langkah - Langkahnya : 
  1. Tentu aja buka dulu website IMIGRASI, terus cari dan klik icon Layanan Passport Online 
  2. Klik Pra Permohonan Personal, isi semua datanya ya. Ikutin aja langkah - langkahnya, gak bakal nyasar kok..wkwkwk
  3. Btw, kemarin syarat yang gw upload cuma hasil scan dari KTP, AKTE LAHIR, KARTU KELUARGA.
  4. Saat daftar/isi form lu akan milih TANGGAL dan LOKASI/KANTOR IMIGRASI yang akan lu kunjungin untuk menyerahkan berkas. *gw saranin sih cari lokasi yang deket sama rumah lu.
  5. Dateng ke imigrasi terdekat *sesuai yang dipilih saat daftar online* .. kalo bisa sih pagi, ya walaupun ada loket tersendiri untuk yang daftar online tapi tetep aja kn pasti ada antrian hahahha.
  6. Kemarin gw pas dateng, diarahkan untuk mengambil dokumen data-data + map untuk pengajuan passport *semuanya gratis, kecuali materai*
  7. Gw saranin semua dokumen yang dicantumkan disiapin dulu dari rumah (foto copynya, materai serta alat tulis sendiri).
  8. Setelah mengisi dokumen, lalu serahkan kebagian resepsionis nanti dari situ dapet nomor antrian.
  9. Lalu nanti ikutin aja stepnya, sekarang sudah informatif sekali kantor imigrasi. Pokoknya nanti step yang terakhir adalah foto dan wawancara, hanya obrolan ringan mengenai tujuan pemuatan passport. Eia untuk foto buat passport enggak boleh pakai baju warna putih dan bajunya pun harus sopan *paling tidak harus berkerah*
  10. Lalu nanti akan diinfokan waktu pengambilan passportnya heheeh
Gampang yak! heheheh sekarang udah gampang semua-semuanya, jadi lebih enak urus sendiri aja hahaha :D
Selamat mencoba dan semoga sedikit membantu,,, heheh

See You Next Post Pals!


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar