Garis tipis antara "Makhluk Sosial" dengan "Anti Sosial".

2 comments
       Agak malu kalo hari gini gapunya akun media sosial. Gak update. Mereka bilang. Norak. Mereka bilang. Cupu. Mungkin itu yang bikin banyak orang rame-rame bikin akun media sosial (selanjutnya akan disebut sosmed) dan rajin-rajin update. Yang jarang muncul jarang dianggep. Yang rajin nongol makin terkenal.




       Semakin banyak lu punya akun, semakin gaul lu dibilang orang. Dari yang basic dulu dah, Facebook. Pasti pada punya. Twitter, Instagram, Path, Ask.fm atau sekarang snapchat dll dkk dsb. Mungkin itu sebagai wujud representasi dari pernyataan "Manusia adalah makhluk sosial". Pertanyaanya apa iya dengan punya akun sosmed yang bejibun akan melengkapi predikat lu sebagai makhluk sosial?

       Nggak juga ah. Kebanyakan orang punya sosmed tujuanya bukan untuk bersosialisasi. Tapi untuk pamer. Pamer perasaan, hobi, tempat nongkrong, tempat makan, makanan sehari-hari, gebetan, dan pamer nasib. Sedangkan definisi dari makhluk sosial itu ya makhluk yang membutuhkan sesamanya untuk bersosialisasi kan? 

        Kebalikannya, sekarang kayanya arti kata sosialisasi udah beralih ke dunia maya. Kalo kangen gaperlu kerumahnya. Tinggal bbm, kangen ilang. Kalo laper gaperlu jalan ke warung tinggal delivery 14045 bee jadi. Kalo mau beli barang tinggal buka laptop, nego,jadi. Padahal ada hal yang gak kita temuin di dunia maya. Interaksi langsung. Semakin jarang kita interaksi, semakin kita jadi anti sosial.

         Pasti pernah ngerasain, dikacangin waktu ngomong sama orang yang lagi maen hp. Atau... Ngeliat segerombolan orang di restoran yang niatnya makan tapi malah maen hp sendiri-sendiri. ATAAAU..... Lu sendiri pelaku kejahatan tersebut? Selalu megang hp ketika ada yang ngajak ngobrol? Atau sedang ngumpul? Ketika lu lagi ngumpul bareng teman, atau lu dirumah sendirian maen sosmed, sulit bedain mana makhluk sosial atau antisosial.

        Coba aja bedain. Termasuk apakah orang yang sibuk main getrich padahal dia lagi ngumpul bareng temenya? Padahal temenya lagi ketawa bareng. Apakah makhluk sosial? Atau anti sosial?

Atau....

       Termasuk apakah orang yang sibuk ngobrol bareng keluarga ngobrolin aktivitas hari ini diruang tengah? Pada saat temenya ngechat dia berkali-kali sampe kesel lalu dikatain "goa banget sih lu!" Makhluk sosial? Atau anti sosial?

        Dengan begini baru kita sadarin garis tipis yang bedain makhluk sosial & anti sosial. Apakah orang yang punya akun sosmed banyak, atau orang yang gapunya fb sekalipun, tapi selalu happy karena dikelilingin teman yang selalu diajak ngobrol?

        Kapan terakhir kali lu taro smartphone lu sejenak dan perhatikan lingkungan sekitar? Kapan terakhir kali lu ngobrolin aktivitas hari ini dengan nyokap? Walaupun gapenting sama sekali. Sekarang udah beda banget sama dulu men. Ga seperti yang kita lakukan dulu ...



Apa yang terjadi sekarang.... 







      Sekarang, mari taro hape kita dulu sejenak, pandang orang yang sedang didepan kita. Ajak ngobrol. Jadilah makhluk sosial yang sebenarnya. Bukan makhluk media sosial. Lu punya kehidupan di dunia nyata. Kita makhluk dunia nyata, bukan dunia maya.



Sumber gambar: kaskus

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

2 komentar: