Cerita Seorang Teman (2)

Leave a Comment

        Pahamin cewek itu jangan pake logika. Bingung. Hari ini gaada kabar, eh besok tiba-tiba sok akrab. Apa maunya? Perasaan kemaren baru aja bilang, 'kayanya kita gabakal bisa kaya dulu lagi deh ...' Eeh besoknya bilang, 'Aku nyesel, maafin aku, kita kaya dulu lagi ya?'. Tapi tetep aja temen gua iya-in aja.


 
      Kejadian beberapa bulan yang lalu gak dia inget lagi sekarang. Sakitnya dulu udah gakerasa lagi sekarang. Inget mukanya aja ngga. Walaupun masih sering Direct Message-an di twitter. Tapi beberapa hari doang. Abis itu gak lagi. Perlahan tapi pasti. Pasti menyakitkan. 

         Setelah beberapa bulan Lost Contact, sama doi. Kejadian absurd menimpa temen gua ini. Jadi waktu itu dia ngasih tau gua kalo dia dapet jalur undangan ke Universitas Indonesia, gak terlalu jelas dia bilangnya. Atau gua yang gak peduli, karna orientasi gua adalah kerja bukan kuliah. Setidaknya saat ini 'Am.. Gua sabtu mau ke UI sama blabla (cowok) ada undangan dari UI' kata temen gua itu, tanpa niat mengajak, pamer. 'Wanjeeeer, keren dong' Kata gua setengah gapercaya, setengahnya lagi gapeduli.

           Singkat kata temen gua udah di UI Opendays. Iya. UI Opendays. Rupanya si kampret ini bilang 'dapet undangan" gitu biar gua iri. Ya jelas gua ga iri. Gua malah menganggap temen gua ini arrogan. Njir. Tapi kalo tau ada UI Opendays gini ya jadi iri lah gua. KACUNG. Karna apa salahnya ajang setahun sekali ini dipake buat membekali diri waktu lulus nanti. Siapa tau ada ketertarikan yakan. 

         Dan, disitulah kejadian absurd itu terjadi. Ingin tampil seganteng-gantengnya dia, jeans panjang, kemeja, sendal crocs. 'Gua ngerasa ganteng banget am waktu itu ...' Kata die, gua mulai merasa mual. Ketika lagi ngantri tiket masuk, tiba-tiba temen gua ini ngeliat sesosok siluet yang lari berpapasan dia. Sosok yang familiar, makin lama makin sadar kalo itu si doi. Doi yang berbulan-bulan lalu nolak dia. '.... Lu ngapain kesini?' Temen gua sambil nunjuk seakan gapercaya, '.. Lu ngapain kesini?' Bales doi sambil nunjuk, pasang muka panik, kaya kaget baru aja ngeliat hantu gitulah. Selang beberapa detik dia langsung lari seakan kabur. Absurd.

        Selama di acara temen gua ini ga sama sekali mikirin doi. Bagai angin lalu aja. Cuman kilasan aja. Sepulangnya pun begitu. Meskipun pulang duluan, ntah menghindari atau emang udah males.

        Besok harinya, pagi-pagi temen gua cek twitter, ada DM dari si doi. 
        *manggil nama si cowo 3 kali*
        'Kenapa?'
        'Ih judes banget sih.' Protes sang cewe
        'Iya kenapaaaaa? :)'
        'Hahahahahaha....'
        Setelah berlama-lama mereka ber-DM-an.
        'Gue pengen kaya dulu lagiiii....' Kata sang cewe.
        'Maksudnya?' Pura-pura bego.
        'Lu paham maksud gue, gue nyesel udah nolak lu.'
        Sang cowo bingung mau jawab apa. Tiba-tiba gelap. Gabisa mikir apa-apa.
        'Tapi gue mau nanya deh' Kata sang cowo. 'Kenapa waktu itu lu nolak gue?'
        'Gakpapa, gue gamau bahas itu, pokonya gua nyesel.' sang cewe mengelak.
        Setelah perdebatan panjang, antara sang cowo yang terus penasaran nanya kenapa dia ditolak, dan si cewe yang terus mengelak, akhirnya sang cewe ngaku juga.
        'Sebenernya waktu itu banyak yang deket sama gue, jadi gue bingung mau milih yang mana.' Pengakuan sang cewe. Ntah itu yang sebenernya, atau emang dibuat-buat aja. Atau emang gaada alesan dia waktu itu nolak temen gua.
        'Terus kenapa lu mau ngajak balikan lagi?' Tanya temen gua itu.
        'Emangnya kita pernah jadian?' Tanya sang cewek balik. Ntah becanda atau emang dia bingung. Bener juga sih, emangnya pernah jadian?
        'Bangs*t lu, hahaha serius kali...' Temen gua, becanda.
        'Hahaha, gatau deh, gua ngerasa ada yang beda. Gue nyesel' Jelas sang cewe.
     
        Terus besoknya temen gua ngajak ke Bandung (lorong kelas yang biasanya anak-anak nyebutnya Bandung). Kita duduk menghadap ke balkon belakang sekolah, ngerasain angin berhembus diantara kedua telinga kita. Temen gua ini cerita tentang hal tersebut dan nanya gua, 'gue mesti gimana am...' tanya temen gua sambil banting-banting buku. 'Ikutin kata hati lu, semua lu yang rasain. Gua cuman bisa ngasih tau doang'. Dia diem sembari mikir.

        'Gua ragu am, apa dia beneran minta kaya dulu atau cuman sementara aja?' Tanya temen gua. Entah udah berapa puluh kali dia nanya itu ke gua. Pengen sih sekali-kali nampol mulutnya. Kita sama-sama tau kalo kita ragu. Tapi tetep aja dia nanya itu terus.

        Hari demi hari dia terus update cerita dia dengan sang doi. Tampaknya mereka akan kembali seperti dulu. Tampaknya temen gua berhasil meyakinkan dirinya lagi.
        'Kayanya gue bakalan balikan 100% kaya dulu' katanya.
        'Bergantungan?' Tanya gua heran.
        'Iya.'

      Aneh ngeliat gimana orang bisa nyaman dengan hubungan tanpa status. Sama-sama suka, sama-sama tau mereka saling suka. Tapi tetep gabisa pacaran. Mungkin hubungan 'bergantungan' itu pun adalah zona nyaman mereka. Gak bisa lebih atau kurang.

     Kisah temen gua diatas ngingetin gua akan BAB terakhir dari Novel 'Kuala Kumal' karya bang Raditya Dika yang baru aja selesai gua baca, yang judulnya Kuala Kumal. Disitu dia nyeritain seorang mantan pacar yang kembali deket sama dia, dan nyatain kalo dia nyesel mutusin Radit demi cowok lain. Kata lainya sih Radit diselingkuhin. Disitu sang mantan cewe Radit rela mutusin cowonya yang sekarang demi balikan sama Radit. Mantan-nya bilang kalo dia udah banyak belajar, banyak berubah. Radit pun bilang 'Aku juga udah berubah, aku yang sekarang gak mau sama kamu yang sekarang'.

      Bedanya, temen gua memilih percaya, memilih untuk memilih dia kembali. Memilih nyaman dengan status 'bergantungan' tersebut. Mungkin dia gaakan nanyain kepastian hubungan mereka, takut kejadian dulu terulang. Salah gak sih? Mudah-mudahan nggak. Tapi waktu mungkin berkata lain.

      Pada akhirnya temen gua ini kembali beranalogi, 'Ketika gue mau keluar dari sumur itu, dan keluar untuk selamanya, tiba-tiba dia muncul. ngasih gua tangga untuk keluar dari sumur itu.' katanya. 'Padahal gua udah tinggal dikit lagi lupain dia.'
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar