The Story of Warteg

Leave a Comment
Sumber: Google
Sore tadi pulang sekolah, sesuatu terasa berbeda. Tiba-tiba aja gua pengen solat Ashar disekolah. "Ntar kalo tiba-tiba lu mati di jalan gimana am? Mending solat dulu." tanya Vadhel. Ohiya bener juga ya. Kurang ajar itu orang. Gua emang jarang solat Ashar disekolah. Karena gua pikir lebih nyaman sholat di rumah. Gatau kenapa.



Selesai sholat, gua gak bergegas untuk ke parkiran yang jaraknya cuman 15 meter dari mushola. Gua santai sejenak sembari merasakan nikmatnya suasana hati sehabis sholat. Setelah mungkin 10 menit, gua memutuskan untuk ke parkiran dan beranjak pulang.

Buka bagasi motor, ambil helm. Pasang headset plus masker. Pasang helm, nyalain motor. Kok ada yang aneh? Sue. Ban depan gua kempes. Sepertinya bocor. Uang tinggal 11 ribu. Gua mencoba peruntungan gua untuk buru-buru ke tukang tambel ban depan sekolah.

Belom sampe keluar sekolah gua ketemu rian yang baru mau jalan ke parkiran. Syukurlah, malaikat penolong gua datang.
"Yan, ban depan gua bocor, gua minjem uang dong." minta gua tanpa rasa malu.
"Berapa?" Dengan santainya.
"hmm.. gatau dah, takutnya mesti ganti ban dalem. Yaudah lu ikut aja dah temenin gua."
"Yaudah, tunggu. Gua ngambil motor."

Rian atau Ryan atau Riyan, ntah yang mana yang bener, adalah seorang tetangga gua yang kebetulan satu sekolah sama gua. Kebetulan satu angkatan. Kebetulanya lagi satu kelas. Eh malah pernah satu bangku, sebelum adanya peraturan 'rolling'. Iya rolling. Pernah SD kan?

Gua udah temenan sama dia dari dia pindah ke Swadaya 6. Gang rumah gua. Dia pindah kelas 3 SD. Kita udah sering main dari SD. Bisa dibilang dia Sohib gua sih. Gak juga sih. Biasa aja. Orang bilang kita biji. Kemana-mana bareng. Gua gangerti maksudnya apa. Emang biji kemana-mana bareng? emang biji punya kaki? Lah biji kan bulet ya. Ngapa dah.

Kembali ke cerita awal. Sesampainya di tukang tambal ban samping sekolah, gua langsung ngadu ke abang-abangnya. Sebenernya bapak-bapak sih. Sembari bapaknya nambel ban, kita disuruh nunggu. Rian duduk di bangku yang udah tersedia, dan cuman 1. Lalu gua dan rian pun nunggu lumayan lama. Meskipun gak selama nungguin kamu. Iya kamu.

Gua dan Rian pun menunggu dalam kesunyian. Gak sih. Dipinggir jalan raya jam pulang kerja masa sunyi. Gua jadi flashback ke beberapa bulan yang lalu. Disaat PT.Telk*m Aks*s membutuhkan tenaga kerja buat survey lapangan, dengan iming-iming uang yang gaseberapa namun cukup menguntungkan. Kita pun (gua dan Rian) terhipnotis untuk ikut 'PKL' (istilah simpelnya) itu.

Sistim kerjanya adalah begini, kita harus survey dan tagging setiap tiang listrik dan tiang telkom yang terlihat. Kita akan dikasih peta yang kita sebut polygon. Setiap polygon bisa seluas 1-3 km persegi. 1 polygon bernilai 100 ribu. Sounds good.

Dan emang, kita gapernah bisa bikin indomi seenak gambar di bungkusnya. Dan wajah asli lebih jelek daripada display picture BBM nya.  Kenyataanya gak seindah yang dibayangkan. Apa yang gua dan Rian hadapi bener-bener meleelahkan.

Pernah suatu hari dimana kita sama-sama capek, dan matahari rasanya lagi bener-bener terasa sejengkal diatas kepala kita. Kita sepakat untuk makan dipinggir jalan. Cari makanan yang pas murah dan nikmat untuk dimakan ketika udah capek mengelilingi 3 kelurahan. Akhirnya kita menemukan yang tepat. Seonggok Warteg yang keliatanya masih baru berapa bulan dibuka itu terlihat merayu kita.

sumber: google


Dari sini, gua bener-bener merasakan perbedaan antara gua dan Rian. Gua pesen ayam goreng, sayur, tempe goreng dan es teh manis. Sedangkan Rian pesen telor dadar, sayur, sambel dan teh tawar anget.

Rian emang selalu lebih hemat dari gua. Dia selalu bisa mengontrol nafsunya untuk buang-buang duit. Meskipun gua lebih bisa menahan nafsu yang... you know lah. Dia juga selalu lebih sehat dari gua. Disaat gua minum coca-cola, dia minum aqua. Sumpah ini seriusan. Ketika gua lebih milih brunette, dia pilih japanese.

Makanan udah sampe didepan komuk kita. Sesuap demi sesuap masuk ke mulut. Disinilah gua merasakan syukur yang tiada tara. Nikmatnya ... Subahanallah.

Bukan masalah rasa masakanya yang emang enak. Tapi sensasinya bisa makan disaat capek menghadang setelah seharian kerja, itu....... Nikmat luar biasa. Timbul percikan semangat untuk balik kerja. Mungkin ini yang dirasakan oleh Bapak gua yang saat itu juga lagi kerja.

Gua jadi membayangkan apa yang akan terjadi ketika kita sama-sama lulus dan kerja. Apakah akan seperti ini kehidupan dalam bekerja? Gua nengok ke Rian dan kita sama-sama tau kalo ini adalah best moment kita setelah seharian kerja. Dan kita jadi sama-sama tau kalo nyari duit itu gak segampang update status di facebook. "Bismillah, aku mau kerja hari ini guys. Doakan aku ya agar dapat uang. MuuuacHH :*"

Setelah dari warteg itu gua jadi belajar. Bagaimana bisa menghargai makanan. Gua berusaha untuk selalu bersyukur atas apa yang mama gua masak hari itu dan sebisa mungkin gua akan makan dengan lahapnya didepan mama gua.

Dan gua juga sebisa mungkin untuk ngga minta uang ke Bapak gua. Kecuali mendesak. Gua hampir jarang ketemu dengan Bapak gua. Karena kalo gua berangkat, dia pasti baru pulang dari masjid, solat subuh. Dan gua pulang dia belum pulang kerja. Dia pulang, gua udah tidur. Segitu beratkah menghidupi keluarga?

Tiba-tiba gua tersadar dari lamunan warteg itu. Ternyata belom selesai juga ini nambel ban-nya. Gua kasian sama Rian. Gua tanya bapak tambel ban-nya, "Pak ... Jadi berapa?" sambil ngorek kantong. "10 rebu". Yaelah, tau gini gua gak minta temenin Rian dah. Kasian.

Setelah bayar, gua bilang sama Rian, "Yan, 10 rebu doang. Gua gajadi minjem. Lu kalo mau pulang, pulang aja. Gapapa."Gua udah terlanjur duduk." Dan kita sama-sama tau kalo Rian cuma menutupi rasa gaenaknya aja.


Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar