Kontroversi Kurikulum 2013 Dikalangan Pengguna Twitter.

Leave a Comment
     Assalamualaikum, selamat siang para pembaca... Sekarang ini lagi hebohnya kurikulum 2013. Ya ampun. Sebenernya rada geli juga bahas ginian. Bukan "gue banget". Tapi gua tertarik bahasnya karena makin hari makin banyak aja yang ngeluh di twitter. Iya twitter. Mana berani ngomong langsung.


    Sebelumnya kita bahas dulu, apa sih kurikulum itu?  Kata om Wikipedia,
Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. 

       Nah, mari kita simpulkan, kurikulum itu adalah rancangan, rancangan pembelajaran. Biar gua tebak, Kalian (pelajar SD SMP SMA) baru pada tau kan arti kurikulum itu apa? Menurut gua 75% dari siswa SD SMP SMA baru tau apa itu kurikulum setelah munculnya kurikulum 2013. Saking hebohnya yakan, semua orang pada ngomongin.



Penyebab Sosmed rame dengan "Kurikulum 2013".

      Sebenernya apa sih yang bikin "Kurikulum 2013" itu sebegitu hebohnya? Begini, ada beberapa poin baru yang ditekankan oleh pembuat kurikulum yang dikurikulum sebelumnya gaada. Poin-poin ini berdasarkan apa yang gua rasakan dan gua alamin. Misalnya:

  1. Siswa harus aktif. 
  2. Guru hanya mengajarkan poin-poin penting materi, selanjutnya murid yang harus mencari dan mempelajari lebih lanjut.
  3. Ada beberapa pelajaran yang dihapus.
  4. Jam pelajaran ditambah.
  5. Gaada penjurusan, adanya peminatan (pelajar SMA)
  6. Wajib Pramuka.
  7. Banyak menggunakan media internet untuk mencari materi pembelajaran.

       Di poin 1 & 2, ini yang terlalu mencolok. Murid dituntut harus banyak ngomong (tentunya berkaitan dengan pelajaran), banyak nanya, banyak menjelaskan, serta banyak presentasi. Ini yang menyebabkan banyak tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Padahal materinya aja baru dikit dijelasin. Nah, ini mungkin salah satu bentuk penerapan kurikulum 2013 oleh guru. Nah ini poin-poin yang bikin banyak anak SMA ngeluh di sosmed. Kaya gini "Kurikulum 2013 bikin banyak tugas, oh tuhan aku gak tahan, aku muak, baygon mana baygon..?!" .  You know what i mean? Overdramatic.

       Poin nomor 3. Ini sih gatau ya sebenernya apa yang dihapus, soalnya juga gua gangerasain pelajaran apa yang hilang dari kurikulum sebelumnya. hahaha. Dasar murid gapeka.

      Poin nomer 4. WAW ini juga yang bikin anak SMA jaman sekarang pada ngeluh. Yang biasanya pulang jam 12 sekarang pulang jam 2. Alesannya pulang sekolah gabisa maen, kecapean, sampe rumah tepar. Yailah tong, balik lagi ke TK sono kalo sekolah tujuanya buat maen. Kan enak sekolah jam 8, jam 10 udah pulang.

      Poin 5 sebenernya bukan berdasarkan pengalaman, tapi gua baca dari beberapa web yang gua buka, katanya gaada penjurusan IPA dan IPS untuk SMA. Ya masuk akal juga sih, yang anak IPA belom tentu suka sama Fisika, Kimia & biologi. Sebaliknya anak IPS belom tentu juga suka Ekonomi dan Sejarah sekaligus. Kali ini gua rada setuju. Walaupun gua sekolah di SMK, jadi gangerasain sih, tapi sebenernya menurut logika gua tetep bisa diterima ko poin 5 ini.
      Wajib Pramuka. Nah. Long time no see..... Setelah beberapa tahun gapernah ikut pramuka, dikurikulum 2013 ini muncul lagi ekskul Pramuka. Eksul Pramuka emang diwajibin sih. Biasanya setiap pulang sekolah dihari tertentu tiap minggu pasti ada. Ini yang buat siswa pulang malem. Banyak yang suka, dan banyak yang ngga. Gua? Gua pribadi keberatan sih. Haha

       Untuk poin 7 ini mungkin udah gak asing lagi ya. Mungkin udah dari beberapa tahun yang lalu kita udah menggunakan media internet ini jadi bahan untuk nyari materi. Gak terkecuali cari jawaban. Ini nih yang gua benci. Jadi waktu itu ada ulangan online di labolatorium software sekolah, nah temen gua sebut aja namanya Bejo, dia duduk didepan gua, dia browsing cari jawaban. Kampretnya, bocah ini dapet 7,3 sedangkan gua 6,6. WTF Inilah keadaan dimana lu merasa dunia gak adil.



Pendapat Gua.

      Terlepas dari poin-poin diatas, gua mau mengemukakan pendapat gua tentang Kurikulum 2013 ini. Sebenernya bukan tahun ini aja, waktu kelas 10 kemaren (sekarang gua kelas 11) sekolah gua udah menerapkan kurikulum 2013. Jadi gak terlalu kaget. Sebagai salah satu sekolah yang banyak peminatnya (gua ga bilang favorit ya, karna itu subjektif), sekolah gua ditunjuk sebagai istilahnya sekolah percontohan, maksudnya kaya percobaan kurikulum 2013. Jadi gak heran kalo gua bisa ngomong tentang kurikulum 2013, karena gua udah dari kelas 10 ngerasain Kurikulum 2013 ini.

      Tentang banyak tugas. Kayanya hampir setiap sekolah pasti banyak tugas. Mau dia SMA, atau SMK, pasti banyak. Tapi tergantung bagaimana kita menyikapinya. Ada temen-temen gua yang juga selalu ngeluh di sosmed katanya banyak banget tugas dari sekolahnya. Dan hampir semua temen-temen gua yang sekolah disekolah tersebut pada ngeluh begitu. Gua sih gatau seberapa banyak tugas mereka. Tapi helloooow. Who cares? Tugas ya dikerjain, jangan dikeluhin. Itu terlalu berlebihan men. 

      Selanjutnya tentang pulang sekolah lebih sore. Setiap hari selama 3 tahun, sekolah gua pulang jam 4 sore. Iya jam 4. Suer gaboong. Makanya gua sampe sekarang suka geli ngeliat ada yang ngeluh sekolahnya pulang jam 2. Sekolah tinggal ngesot aje, pulang jam 2 nangis. Gua punya temen rumahnya di Alam Sutra, sebut aja Mawar. Si Mawar setiap hari sampe rumah jam setengah 7. Coeg bayangin Si Mawar itu perempuan, dan dia gak bawa motor kesekolah. Pergi kesekolah dianter bokapnye, pulangnya naek angkot. WOW. Sepulang sekolah biasanya doi saman dulu, kalo ngga STTC (semacem les tambahan disekolah). FYI sekolah gua itu di Daan Mogot Jakarta Barat. Dari Rumah gua ke sekolah jauhnya 15 km. Dari alsut ke sekolah gua bisa 20-25 km. Cewe bro. Cewe idaman banget yagak? Sedangkan temen-temen yang gua bilang ngeluh di twittter tersebut rumahnya gak lebih dari 5 km dari sekolah. Untuk Mawar, you had my respect!

       Walaupun pada akhirnya gua harus bilang, gua sebagai pelajar sebenernya juga keberatan dengan kurikulum 2013. Keberatan dalam hal apa ya? banyak hal-hal aneh yang sebenernya kalo gua pikir terlalu dipaksakan. Ntah emang bener atau cuman perasaan gua doang, tapi yang gua liat di lingkungan sekitar gua, kayanya anak remaja sekarang juga sepertinya tersiksa dengan kurikulum 2013. 

     Dan dari yang gua baca di suara-islam.com sebenernya kurikulum 2013 itu belom siap diterapkan di Indonesia. 

      "Menurut Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubaidillah Badrun, penerapan Kurikulum 2013 tidak memiliki konsep yang jelas dan belum siap untuk diterapkan dalam pendidikan Indonesia. Wacana penerapan kurikulum baru ini juga tidak melalui proses yang panjang,  seperti di muat dalam situs Indonesia Raya News. "Kurikulum ini diciptakan tidak melalui proses yang panjang, sebelumnya juga tidak dilakukan riset," tutur Ubaidillah sebagai salah satu pembicara." -  suara-islam.com

    Well. Kita liat aja kedepannya bagaimana. Konon katanya efek dari kurikulum ini akan kita rasakan ketika berumur 25 tahun pas udah kerja. Ya ditunggu sajalah.



Hasil Survey gua di Twitter.

    Penasaran pengen nyari aja gitu, pendapat orang tentang 2013 yang katanya bikin stres anak sekolah. Setelah nyari di twitter dengan keyword "Kurikulum 2013", terpampanglah hasil sebagai berikut......


     Ada yang menggelitik dari hasil survey gua diatas, ada yang bilang gini "Because of KURIKULUM 2013, students days are like Sadday, Moanday, Tearsday, Wasteday, Thirstday, Frightday, Shatterday." 
      Maksud dari twitt tersebut yaitu, karena kurikulum 2013, hari-hari murid menjadi seperti :
  1. Sadday (Minggu) = Artinya hari sedih, mungkin karena besokanya udah sekolah lagi, padahal baru kemaren ngerasain tidur siang :'(
  2. Moanday (Senin) = Artinya moan itu mengeluh. Mungkin karena capeknya upacara bendera yang bikin pegel, dan kelamaan amanat pembina upacaranya.  Padahal pahlawan kita dulu itu untuk mengibarkan bendera merah putih itu dibutuhkan keringat dan darah serta nyawa yang dipertaruhkan (inspired by Ibu Renny).
  3. Tearsday (Selasa) = Artinya hari air mata. Mungkin doi sedih mikirin hari minggu masih lama, pengen tidur siang, soalnya kemaren gak tidur siang :'(
  4. Wasteday (Rabu) = Mubazir, percuma, sia-sia. Si doi rupanya menganggap hari rabu itu sia-sia, karena otaknya udah gamampu lagi menerima beban materi pelajaran yang mau masuk otak, jadi percuma aja sekolah.
  5. Thirstday (Kamis) = Rupanya doi udah keausan coy pengen libur. 
  6. Frightday (Jumat) = Rupanya si doi udah ketakutan aje coy mikirin tugas yang udah numpuk seminggu ini yang nunggu untuk dikerjain.
  7. Shatterday (Sabtu) = Gua gatau artinya shatter, tapi menurut om GT (Google Translate) Shatter itu artinya pernghancur, mungkin si doi merasa dihancurkan karena hari sabtu bukanya tidur siang, doi malah ngerjain tugas. Kerja kelompok. Ekskul, atau malah sekolah xD
     Sebeneernya bukan tugas kita untuk ngeluh-ngeluh seperti itu, tapi cobalah jalanin aja. Ngeluh bolehlah, tapi pada tempatnya. Jangan di sosmed. Gak tau apa banyak yang tenar di sosmed gara-gara ngeluh? mending kalo karena kebaikan, lah ini ngeluh ibu-ibu hamil yang minta tempat duduk di kereta, ngeluh yang ngatain Yogyakarta, atau apalah itu. Ati-ati sebelum ngetwit. Bahaya loh. 




Akhir kata

      Post ini bukan suatu post keluhan, post ini cuman tanggapan gua terhadap keluhan-keluhan yang beredar di lingkungan sekitar. Tapi, gua harus bilang. Kurikulum 2013 emang menyebalkan untuk kita semua. Well, ga semua sih. Buat gua dan beberapa remaja lainnya yang merasa. Tapi Kalian tau ga? Dari kurikulum itu guru diharuskan untuk menilai murid dengan 3 aspek. Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap. Dari situ kita bisa tau apa yang dipengenin dari pemerintah. Yaitu mereka pengen kita jadi generasi penerus bangsa yang punya pengetahuan yang tinggi, keterampilan yang tinggi, serta sikap yang santun. Gak hanya itu pemerintah juga mau kita punya sifat kerja keras kalo diliat dari bertambahnya jam pelajaran. Berbudi luhur yang baik dan keimanan yang kuat kalo diliat dari bertambahnya jam pelajaran agama. dan pintar. Jadi intinya kalo kata guru les gua "Something happen for a reason." Semua terjadi karena suatu alasan. Dan alasanya adalah baik. Jalanin aja dulu Kurikulum 2013 ini. Mari berharap hasilnya akan baik. Semoga post ini bermanfaat. Terima kasih atas waktunya. 


Assalamualaikum Wr.Wb.
God bless Indonesia!

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar