Pilih temen.

Leave a Comment

Diumur gua yang udah bisa dibilang dewasa ini, gua makin teliti milih temen. Makin peka dengan sifat orang-orang disekitar gua. Gua selalu nilai orang dari sisi positifnya, selalu. Karna gua yakin, semua orang pasti ada sisi positifnya.
Tapi ada aja orang yang meski udah dikorek-korek sifatnya, gua masih gak nemu sifat positifnya. Orang kaya gini pasti punya sesuatu yang jadi ciri khas. Ciri khas ini punya arti negatif. Ciri khas itu yang bikin semua sifat positifnya gak keliatan. Karna negatifnya yang paling dominan.

Apalagi masa-masa SMA ini. Meskipun gua SMK yah, tapi anggep aja sederajat. Makin banyak orang-orang dengan sifat yang gua jelasin di paragraf ke 2. Gua mungkin jarang banget benci seseorang. Tapi kalo gua mungkin udah benci, gua juga gak bakal jauhin itu orang. Mungkin cuman lebih cuek aja, gapeduli segala yang dia lakuin. Meskipun gitu, tetep aja perasaan gak nyaman itu tetep ada setiap orang yang dibenci mulai ngeluarin watak aslinya.

Ngomong soal benci, semua orang punya tipe-tipe orang yang paling mereka benci. Ntah itu sifatnya, karakternya, perilakunya, omonganya atau pikirannya. Gua akan jelasin tipe-tipe orang yang gua benci.

Yang pertama adalah banyak ngomong. Iya oke lu bisa ngomong dengan lancar. Berargumentasi dengan ilmu pengetahuan yang lu paksain. Cari kesalahan orang lain untuk jadi bahan berargumen. Tapi lu mesti inget, setiap omongan itu harus lu tanggung jawabin. Apakah sesuai fakta? Apakah nggak menyakiti hati orang lain? Apakah sesuai dengan kapasitas lu?

Ada orang yang bisa ngomong doang, doang. Ngomong ini, itu, begini, begitu tapi gaada yang bisa dibuktiin. Ada orang yang banyak ngomong, tapi yang diomongin cuman cerita palsu tentang dia yang mungkin gakesampean. Ada juga orang yang banyak omong tapi menyakiti hati orang lain. Bikin musuh untuk bikin orang lain ketawa. Yang paling menyedihkan adalah orang yang banyak ngomong tapi ada yang dia omongin sama sekali gak mencerminkan dirinya.

Gua suka orang yang banyak bicara, sebenernya. Tapi dia yang suka bicara jujur. Dia yang bicara tentang dirinya yang apa adanya. Orang yang bicara untuk menghibur tanpa menyakiti hati orang lain. Dan orang yang ngomong sesuai dengan jati dirinya.

Yang kedua adalah yang selalu boong. Pertama dia boong untuk menutupi kekurangannya. Gak mau keliatan kurang didepan temen-temenya. Boong untuk keuntungan dia sendiri. Boongin temen biar bisa gadateng kerja kelompok, alesanya gaboleh. Padahal dirumah maen laptop sambil coli nonton gosip.

Tapi boong demi menutupi kekuranganya gak selalu negatif. Bisa aja dia lakuin itu untuk mendongkrak kepercayaan dirinya. Dan boong untuk keuntungan dirinya sendiri itulah yang gabisa dimaafin.

Selanjutnya orang yang punya banyak muka. Didepan A dia ngomongin yang baik-baik. Dibelakang A dia hina-hina A ketika ketemu B. Tapi dia juga hina-hina B didepan A. Sumpah orang itu yang harus dikelitikin sampe mati, cabutin rambutnya satu-satu.

Gua kebetulan pernah dan masih sering nemu orang macem itu. Ngomongin sahabatnya yang jelek-jelek, sahabatnya loh! Tapi sahabatnya gatau sama sekali apa yang dilakuin temenya itu. Na'as. Sebenernya gua pengen banget kasih tau dia. Tapi gua takut ngeerusak persahabatan orang. caelah. Tapi semoga dia baca pos gua dan langsung nyadar.

Ada pula orang yang overdramatic. Segala hal tentang dia dan temen-temenya di-drama-drama-in. Melebih-lebihkan semua hal. Misalnya "Idih tadi gua lewat Ciledug macet banget, enek gua pengen muntah rasanya, UEKK." dan terus diulang-ulang biar semua orang denger sambil pake nada tinggi. Atau tiba-tiba dateng gebrak pintu terus tereak-tereak "Ya ampun tadi gua ngeliat cowok cakep banget, terus ngeliatin gua. Abis itu senyum... astagaaaaaaaaaaa." padahal di ruangan itu gaada siapa-siapa.

Emang orang alay yang kaya gitu udah jarang ditemuin. Tapi sekalinya lu ketemu, lu pasti berharap dia cepet-cepet enyah dari pandangan lu. Geli. Tapi gua seneng orang yang lebay kaya gitu tapi bermaksud menghibur, dan emang berhasil menghibur. Bukan orang yang overdramatic biar dikasih perhatian.

Yang terakhir adalah childish. Gaada cara buat lu untuk ngelawan karakter atau sifat ini. Sekali lu bentur dia, dia bukanya malah sadar, tapi dia mungkin bakal ngambek. Ya anggep aja gampang ngambek itu salah satu sifatnya. Kita harus bener-bener ati-ati ngomong sama dia. Jaga sikap, omongan dan perilaku biar dia gak ngambek. Bukanya kita harus selalu ngalah, tapi kalo dipikir-pikir, kalo misalkan ambeganya kambuh, yang susah ya lu juga.

Atau mungkin ego masih nguasain nafsu dia untuk bertindak, bicara & bersikap. Selalu maunya dia yang harus diturutin. Kalo nggak, ya ngambek. "Ya terserah lu lah, yang penting gua udah ngasih saran." Ya pokonya gitulah. Bete gua bahas sifat ini. Bikin emosi, ntah kenapa.

Mungkin masa-masa SMA (dan sederajat tentunya) emang masa yang umum buat sifat-sifat dan karakter kita muncul kepermukaan dan mendominasi. Ntah positif atau negatif. Tapi lama-kelamaan gua yakin kedewasaan itu bakalan dateng sendirinya tanpa kita sadarin.

Post ini gak gua tujukan untuk siapapun. Buat kalian yang merasa diomongin, jangan baper! Tapi kalo misalnya kalian sadar sifat ini ada di kalian semua, tolong rubah sikap itu ya. Gua mohon dengan sangat, mewakili orang-orang disekitar kalian yang gak nyaman dengan sifat, sikap & kelakuan kalian. Karna beneran deh, rasanya emang gaenak aja hidup dikelilingin orang kaya gitu.
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 comments:

Posting Komentar